Senin, 15 Oktober 2012

Sejarah Email


Sejarah E-Mail
1.  Sejarah E-Mail
Sejarah email dimulai pada tahun 1971 oleh seorang insinyur bernama Raymon Samuel Tomlinson. Email (electronic mail) atau yang dalam bahasa indonesia di sebut dengan surat electronik (surel), adalah sistem yang memungkinkan pesan yang bisa di kirim dan di terima secara electronik melalui beberapa perangkat komputer/telephone seluler. Pesan itu juga dapat berupa text dan pesan multimedia, yang dikirim dari satu alamat ke alamat email lainnya di jaringan internet.
School Of Information Management And System, UC Berkley, pada tahun 2001 lalu melaporkan skitar 31 milyar email terkirim setiap harinya.angka tersebut melonjak tajam pada 2008, yang menyebutkan ada sekitar 170 milyar emial terkirim perharinya pada 2010 yang lalu angka itu menjadi 294 milyar email terkirim setiap harinya.
2.Sejarah email di dunia
Sejarah email di dunia berasal dari teknologi militer. Embrio sejarah email itu dikembangkan pada awal tahun 1970 oleh seorang insinyur bernamaRaymon SamuelTomlinson. Tomlinson inilah yang mencetuskan sejarah email. Raymon Samuel Tomlinson, lahir di New York, Amerika Serikat pada tahun 1941.
Sebenarnya,sejarah email sudah ada pada tahun 1965. Namun ketika itu internet belum terbentuk,dan hanya kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan. Dikampung halamannya, dia hadir di Rensselaer Polyttechnis Intitue, di sana ia ikut berpatisipasi dalam sebuah program dengan International Business Machines Corporation(IBM), yang merupakan sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras serta parangkat lunak komputer.
Pada tahun 1963 Tomlinson mendapatkan gelar Bachelor Of Science dalam bidang teknik listrik dari Rensselaer. Ia kemudian meneruskan studi ke Institut Teknologi Massachusetts (MIT). Pada tahun 1965, ia mendapatkan gelar S.M. di bidang teknik elektro.
Pada tahun 1968, Tomlinson bekerja sebagai insinyur komputer di Bolt Beranek and Newman (BBN)—sekarang BN Techonologies – yang merupakan perusahaan yang disewa Departemen Pertahanan Amerika Serikat utuk membangun internet pertama di dunia. Sejarah email perlahan-lahan muncul disini. Tomlinson bekerja untuk mengembangkan sistem operasi TENEX, termasuk ARPANET dan implementasi TELNET.
Disini, Tomlinson menulis sebuah program transfer file yang disebut CPYNET untuk transfer file ARPANET. Kemudian, ia diminta untuk memodifikasi sebuah program yang bernama SNDMSG (Send Message). SNDMSG merupakan sebuah program yang memungkinkan pesan dikirim antar pengguna berbeda dikomputer yang sama. Tomlinson bertugas memodifikasi SNDMSG supaya pesan bisa dikirim antar dua komputer yang bebeda.
Dalam tugasnya itu, ia berpikir untuk menggabungkan SNDMSG dan CPYNET bersamaan. Dengan begitu, kemungkinan ia bisa mengirimkan pesan kekotak pos elektronik lainnya dalam sebuah jaringan. Pikiran lainnya, mengarahkan Tomlinson pada eksperimen lain. Ia berpikir, bagaimana membedakan pesan-pesan yang diarahkan keluar jaringan dan pesan lain yang dialamatkan ke banyak pengguna komputer di dalam kantor.
Eksperimen Tomlinson berhasil pada tahun 1971, tepatnya oktober. Ia berhasil mengirimkan pesan sederhana dari komputernya ke komputer yang ada disebelahnya hanya berjarak sekitar satu meter.
Sejarah email tercetus saat ittu juga. Bagaimana Tomlinson bisa melakukan hal ini? Dalam eksperimennya, ia terus mempelajari keyboard komputer. Ia lalu memilih simbol @ sebagai petunjuk alamat si pengguna email.
Simbol @ ini untuk mengidentifikasi penerima dan komputer atau jaringan yang mereka gunakan. Simbol @ dibaca “at” atau “di”. Simbol ini turut mewarnai sejarah surat elektronik. Tomlinson mengaku, penemu sejarah email dihasilkan hanya dari berpikir tak lebih dari 30 atau 40 detik saja.
Lalu, apa yang yang ditulis Tomlinson dalam sejarah email pertama di dunia itu? Pada tahun 2008, saat wawancara dengan majalah Times Tomlinson tak ingat apa yang ditulis di email pertamanya. Dia berujar, “One Small Step for a Message, One Giant Leave for Mankind (Satu langkah kecil untuk pesan, satu langkah besar untuk manusia)”.
Namun, ada yang menyebut, pesan email pertama adalah “QWERTYUIOP”, pesan ini dikirim melalui jaringan ARPANET. Eksperimen Tomlinson tadi turut membawa revolusi di dunia komunikasi.
Dari penemuan fenomenal Raymond Tomlinson itu, email menyebar keseluruh dunia. Sejarah email dimulai di Amerika Serikat segera merambat ke seluruh penjuru dunia. Pada tahun 1976 Ratu Inggris, Elisabeth II diketahui mengirim email pertamanya dari sebuah pangkalan angkatan bersenjata di Inggris.
Tidak diketahui siapa yang dikirimkan email oleh ratu Inggris itu dan apa isinya. Tapi, pengiriman email oleh Ratu Inggris ini, dilakukan oleh sedikit orang saja pada masa awal sejarah surat elektronik. Salah satu program email pertama dan terbesar oleh umum adalah Eudora. Eudora email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner, seorang karyawan di Universitas Illinois. Eudora sendiri diambil dari nama seorang penulis Amerika Serikat yaitu Eudora Welty. Eudora ini merupakan aplikasi email pertama yang menyediakan antar muka grafis.
Selama kemunculannya, email ini gratis, tapi pada tahun 1964 dibeli oleh Qualcomm dan menjadi produk komersil. Setelah itu, muncullah aplikasi dan browser lain yang mendukung email. Perkembangan email semarak pada ekhir era 1980-an. Diperiode ini, email pun masuk ke indonesia dan dimulailah sejarah surat elektronik di negeri ini.
3.Sejarah Email Di Indonesia
Sejarah email di Indonesia berbarengan dengan masuknya teknologi internet. Tulisan soal eksistensi jaringan internet di Indonesia sendiri bisa terlihat di beberapa artikel media massa, seperti “ Jaringan Komputer Biaya Murah Menggunakan Radio” di Kompas edisi November 1990.
Jika ditelusuri, kemungkinan internet masuk ke Indonesia pada tahun 1980. Sejak 1988, pengguna internet di Indonesia memanfaatkan CIX dari Inggris dan Compuserve buatan Amerika Serikat untuk mengaksesnya.
CIX ketika kehadirannya di indonesia,menawarkan jasa email dan newsgroup. Lalu,menawarkan pula jasa akses Hypertext Transfer Protokol (HTTP) dan File Tranfer Protokol (FTP). Compuserve tak mau kalah, pada tahun 1989 menawarkan juga jasa email,newsgroup,HTTP, dan FTP.
Pengguna internet pada waktu itu memakai modem 1200 bps,saluran telephone intenasional yang sangat mahal biayanya. Sementara itu,pengguna compeserve memakai modem yang di salurkan dengan getway Infonet yang berpusat di jakarta.
Internet Protokol(IP) pertama di indonesia,UI-NETLAB(192.41.206-24) didaftarkan universitas indonesia pada 24 juni 1988. Pada tahun 1994, Internet Service Provider(ISP) kormesial pertama di indonesia yakni IndoNet muncul. Setelahnya, dunia internet di indonesia semakin berkembang.
Menurut Rahmad M. Samik-Ibrahim dalam artikelnya berjudul “Hikayat Awal Penggunaan Milis Di Indonesia”, pada mesin komputer mini Pusat Ilmu Komputer (PUSILKOM UI)—Data General Berbasis Advanced Operating System/Virtual Storage(AOS/VS)—terdapat sebuah sktip yang dapat mengirimkan pesan/email ke seluruh staff pada awal 1980-an.
Pada tahun 1983 beberapa akademisi UI, seperti Johny Moningka danJos Luhukay ,mengembangkan perangkat pesan berbasis UNIX dan ETHERNET.bisa saja ini sejarah email pertama kali di indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan dunia bisnis di indonesia sudah memanfaatkan email pada pekerjaan mereka saat itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini